SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Desember 21, 2015

MEMBANGUN MIMPI BERSAMA DEMI PENDIDIKAN BERKUALITAS

*Catatan perjalanan Training for West Java Teachers di Adelaide Australia (parta-9/habis).
Program training management for teachers ke Australia tahun 2013 akhirnya tuntas sudah. Group 6 dan 5 sudah selesai melakukan evaluasi selama tiga hari (19-21 Desember 2013) di Hotel Pesona Bambu Lembang Kab. Bandung. Acara tersebut diisi sesi share pengalaman, good practice, merancang program dan evaluasi kegiatan bersama alumni west java teachers lintas angkatan.

Kegiatan evaluasi sebenarnya bukan klimaks dari keberhasilan program west java teachers. Kepulangan dari pelatihan di Adelaide sebenarnya bukan merupakan akhir, tetapi awal dari perjuangan guru-guru peserta training dalam menggoalkan pendidikan yang berkualitas. Gagasan, semangat, kultur yang dibawa dari negeri bule tersebut menjadi harapan baru bagi pendidikan di tanah air.

Problemnya sekarang, bagaimana agar api semangat pembaharuan kultur pendidikan guru-guru Jawa Barat ini akan tetap dan selalu menyala. Sehingga mampu memberikan pencerahan bagi seantero jagat edukasi di Jawa Barat khususnya. Bersatu. Yah, jawabnya harus ada persatuan dan kesatuan yang mampu menyatukan mimpi-mimpi besar para alumni west java teachers dari tahun ke tahun.

Pembentukan forum, organisasi, ikatan, yayasan atau apapun namanya menjadi sebuah keniscayaan yang harus dipilih oleh para alumni jebolan “Adelaide Open University” non gelar ini. Tanpa penggalangan kekuatan energi positif ini semangat pembaharuan itu cepat atau lambat akan redup kemudian padam. Padam karena benturan tembok sistem birokrasi yang kurang mendukung akan terwujudnya pendidikan berkualitas.

Gagasan untuk pembentukan sebuah forum makin menguat. Rencananya pada 19 Januari 2014 tahun depan, akan diadakan pertemuan lanjutan membahas visi misi alumni west java teachers. Ibu Rini Budiyanti dan Bung Tomy Bawulang berencana hadir, datang langsung dari Australia ke Bandung. Planning ini yakin akan berhasil manakala semua alumni di seluruh sudut daerah dan kota, semua mata pelajaran yang terlibat harus bisa bergerak. Bergerak untuk mendukung dan mendorong perubahan progesif dan konstruktive pendidikan di Jawa Barat. (denyrochman, group 6)