SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Mei 02, 2017

WALIKOTA BERI PENGHARGAAN 304 SISWA LITERASI

Sebanyak 304 siswa literasi di kota Cirebon berhasil penuhi tantangan Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis, SH. Dalam 10 bulan siswa SD dan SMP tersebut berhasil membaca minimal 24 buku non pelajaran. Bahkan beberapa siswa telah mencapai target hingga 94 buku. Tidak hanya siswanya, guru dan kepala sekolah pembimbing siswa tersebut juga mendapatkan penghargaan medali CLRC—Cirebon Leader’s Reading Challenge dari Walikota.

“Selamat semoga bisa ditingkatkan terus ya ade,” tutur Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis, SH kepada M. Miftah Faqih salah satu peserta dari SD Negeri Kebon Baru VI saat dikalungkan medali CLRC oleh walikota. Walikota memberikan penghargaan kepada banyak insan berprestasi di Kota Cirebon didampingi Kepala Dinas Pendidikan Drs Jaja Sulaeman, M.Pd, Ketua Literasi Kota Cirebon Lilik Agus Darmawan, S.Pd.,MM  dan para petinggi Pemerintahan Kota Cirebon, termasuk jajaran muspida.

Secara simbolis pengalungan medali dilakukan usai upacara Hari Pendidikan Nasional di alun-alun Kejaksan, Selasa (2/5). Perwakilan siswa, guru dan kepala sekolah dari total enam sekolah dari tingkat SD dan SMP. Siswa yang berhasil membaca buku terbanyak adalah Hana Rihadatul Aisy 60 buku SD Sabilul Huda. Diurutan kedua M. Miftah Faqih 46 buku dari SD Negeri Kebon Baru VI.

Guru pembimbing dua sekolah tersebut juga mendapatkan medali, masing-masing Uum Heroyati, S.Pd.I  guru SD Sabilul Huda dan Nova Haryono, S.Pd guru SDN Kebon Baru VI.  Sementara kepala sekolah yang meraih medali adalah Kepala SDN Kalijaga Permai Mamat Rohmana, S.Pd. Sekolah ini terpilih sebagai sekolah yang jumlah siswa pesert literasi terbanyak dari sekolah-sekolah SD di kota Cirebon.

Untuk kategori SMP, siswa terbanyak membaca buku diraih oleh Annisa Saninah sebanyak 94 buku dari SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Berikut guru pendampingnya Kartino, M.Pd mendapatkan medali dari walikota. Urutan kedua diraih oleh Jalis Panca Bakti 52 buku dari SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Guru pendampingnya Daryo Susmanto, M.Pd ikut serta memperoleh penghargaan. Kepala Sekolah yng meraih medali adalah Ali Saidi Ari Nuryanto, SE.,MM dari SMP Negeri  1 dengan jumlah peserta 32 siswa.

Sementara itu, siswa lainnya peserta CLRC rata-rata dalam 10 bulan membaca dan mereviu hanya 24 hingga 30 buku. Sekolah yang terlibat tidak semuanya. Begitu jug dengan tingkat SMP, kendati panitia tim CLRC sudah menyebarkan undangan tantangan membaca dan menulis dari walikota tersebut.

Sebelumnya,tim CLRC melakukan verifikasi data siswa setiap sekolah yang mengikuti program literasi di SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Review itu sejak September 2016 para siswa melakukan review dalam bentuk fishbone, AIH dan Y Chart. Deadline terakhir data tiap sekolah berakhir pada 8 April 2017, setelah itu mereka yang berhasil membaca dan meriviu minimal 4 buku maka akan mendapatkan medali literasi dari walikota Cirebon pada 2 Mei 2017 usai upacara Hardiknas.  

Masih satu rangkaian Hardiknas tim CLRC mengadakan berbagai event literasi. Event atas kerjasama dengan TB Gramedia dan CSB Mall itu telah dilaksanakan di pusat perbelanjaan CSB Cirebon Superblock Mall kota Cirebon 25-30 April 2017. Lomba yang digelar antara lain lomba ranking 1, sosiodrama, puisi diikuti siswa sekolah-sekolah di kota Cirebon. (denyrochman)