SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Mei 02, 2017

DISDIK JABAR SIAPKAN 29 TRAINER

Dinas Pendidikan Jawa Barat menyiapkan 29 trainer untuk workshop literasi sekolah perintis. Para trainer tersebut ditempa dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Bandung, 20-22 Juli 2016. Sebelum mereka akan diterjunkan dalam workshop dan pelatihan literasi mulai 27 Juli - 18 Agustus 2016 yang melibatkan 2.600 peserta dari kepala sekolah dan guru SD SMP di Jawa Barat.

"FGD ini adalah tahap ketiga dan keempat untuk persiapan pelatihan literasi bagi sekolah perintis SD dan SMP di Jawa Barat. Pesertanya sebanyak 2.600 orang dari guru dan kepala sekolah terbagi dalam 26 angkatan, satu angkatan 100 peserta," tutur Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Jawa Barat H. Firman Adam, M.Pd dalam sambutan pembuka sebagai ketua pelaksana.


Secara resmi acara FGD dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR. H. Asep Hilman, M.Pd. Hadir juga mendampingi Kasi Pembina Sekolah Swasta Dinas Pendidikan Jawa Barat Susilastuti, SE dan widyaswara Disdik Jabar serta peserta dari guru SD SMP, pengawas, pustakawan, dan tenaga ahli teknologi informasi.

Diakui Firman, jumlah sekolah yang diundang nanti jumlahnya masih kurang dari 5% dari jumlah sekolah yang ada di Jawa Barat. Namun menurutnya, untuk tahap awal sebagai program baru jumlah sekolah perintis tersebut sudah sangat banyak. Ke depan pihaknya akan memotivasi pemkab dan pemkot agar bisa memanggarkan untuk dana serupa di APBD.

Sementara itu, pelaksana kegiatan literasi Jawa Barat Endang Susilastuti SE menambahkan, para trainer tersebut disiapkan untuk mengisi materi workshop literasi sekolah perintis yang tersebar di enam daerah. Enam daerah itu adalah Lembang, Garut, Cianjur, Cirebon, Kuningan, dan Pengandaran.

"Tiga hari ini para trainer disiapkan untuk mengisi workshop. Sekarang mereka menyatukan persepsi, melakukan evaluasi, menyempurnakan materi dan strategi. Termasuk finalisasi buku panduan," tutur Endang yang juga Kasi Pembina Sekolah Swasta Disdik Jabar dibenarkan oleh widyaswara Disdik Jabar Eep Saepudin Wiriamijaya S.Sos.,MM. (pade).

Sumber: http://literasi.jabarprov.go.id/index.php?class=home&act=view_berita&art_idartikel=19