SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Mei 04, 2017

260 GURU LOLOS IKUTI SEMINAR NASIONAL

Sebanyak 260 guru dinyatakan lolos untuk mengikuti seminar nasional. Ini seminar bukan sembarang seminar nasional yang biasa dijumpai diberbagai tempat. Tetapi seminar kolosal dengan tema, jumlah peserta dan pemateri terbanyak. Peserta terseleksi se- Indonesia oleh panitia melalui pengiriman abstraksi dan makalah bertema Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan guru. Pelaksanannya pun selama empat hari, 9-12 Mei 2017 di bertempat di Swiss Belhotel Mangga Besar Jakarta Pusat.

Secara resmi surat undangan seminar nasional sudah dilayangkan oleh panitia melalui masing-masing email pribadi guru-guru yang dinyatakan lolos seleksi. Dilihat dari geografis asal daerah jumlah peserta seminar didominasi oleh guru-guru SD dan SMP di Pulau Jawa. Mereka yang asal Jawa Barat sebanyak 58 orang yang tersebar 18 kota dan kabupaten. Bahkan ada daerah di Jawa Barat hanya terwakilkan satu orang, satu diantaranya dari Kota Cirebon atas nama Deny Rochman, S.Sos., M.Pd, guru SMP Negeri 4 Kota Cirebon.

“Tujuan diselenggarakan Seminar Nasional Tahun 2017 adalah untuk memotivasi guru dalam berkarier;  memotivasi guru untuk menulis karya tulis ilmiah; mendiseminasikan gagasan atau hasil penelitian yang aktual; dan memfasilitasi guru untuk mendapatkan angka kredit,” tutur  Direktur Pembinaan Guru Dikdas Poppy Dewi Puspitawati yang tertuang dalam Buku Pedoman Seminar Nasional Bertema Membangun Profesionalismeguru Pendidikan Dasar Dalam Era Global.

Menurut buku pedoman seminar, ada tiga pembicara dalam seminar tersebut. Pertama,  sebagai keynote Speaker Seminar Nasional Tahun 2017 adalah Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kedua, Pemrasaran Utama Seminar Nasional Tahun 2017 adalah Guru Besar dari empat perguruan tinggi. Ketiga, guru pendidikan dasar yang makalahnya lolos seleksi similarity, citacy, dan kelayakan dipresentasikan atau disajikan dalam bentuk poster.

Pendaftaran calon peserta sudah dimulai pada tanggal 17 April hingga pengumuman peserta terseksi pada tanggal 28 April 2017. Guru-guru yang berminat mendaftar seminar terseleksi oleh panitia dalam tiga tahap, yaitu seleksi administratif, seleksi abstrak dan seleksi makalah/poster untuk dipresentasikan. Pengirimn abstrak/makalah harus sesuai tema Kesharlindung yang sudah ditentukan oleh panitia.

Pilihan tema-tema makalah seperti Pembinaan dan Peningkatan Karier Guru, Pengembangan Kompetensi Guru, Penguatan Pendidikan Karakter, Peran Guru dalam Pembinaan Prestasi Belajar Siswa dan Kemitraan Sekolah. Guru juga boleh memilih tema tentang  Penghargaan dan Perlindungan Guru,Tantangan dan Harapan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif Siswa. (pade)