SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

April 30, 2017

LOMBA LITERASI KEREEEEN ABISSSS


Rangkaian lomba literasi di Kota Cirebon usai sudah. Puncaknya pada Minggu (30/4) tadi, sekaligus pembagian hadiah para juara bertempat di Mall CSB-- Cirebon Super Block. Lomba dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) mendapat pujian selangit oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Sekilagus memberikan tantangan  kepada pegiat literasi CLRC---Cirebon Leader’s Reading Challenge.

“Pokoknya kereeeen abislah kegiatan ini. Luar biasa kendati literasi baru berjalan setahun. Ini menunjukkn betapa besarnya manfaat membaca. Membaca bisa diejwantahkan melalui lomba rangking satu, lomba cipta puisi dan lomba sosio drama. Kemampuan anak-anak kita benar-benar luar biasa, tak kalah dengan orang dewasa,” tutur Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs Adin Imaduddin Nur, M.Pd dalam sambutan penutupan kegiatan lomba di CSB Mall, Minggu (30/4). 

Adin berharap, ke depan gerakan literasi sekolah di kotanya terus berkembang. Jika memungkinkan lomba literasi tahun depan berkaitan dengan robotik. Lomba jenis ini sedang menjadi tren di kalangan dunia pendidikan. Apalagi sistem robotik sudah banyak dipakai di segala bidang kehidupan. Pihaknya yakin  melalui budaya membaca siswa di kotanya akan mampu membuat robotik di tahun depan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jj Sulaeman, M.Pd berkali-kali memuji minat baca siswa SD dan SMP di kotanya yang kian menggila. Bayangkan saja dalam waktu kurang 10 bulan anak-anak mampu membaca 40 bahkan 94 buku bacaan non pelajaran. Pihaknya berharap ke depan gerakan literasi semakin diperluas ke semua sekolah di Kota Cirebon sehingga mempercepat mutu pendidikan di kota wali tersebut.

“Ade sudah habis membaca berapa buku dalam 10 bulan,” tanya Kadisdik kepada para siswa peserta lomba literasi di atrium CSB Mall. Beberapa siswa yang berhasil membaca dan mereview puluhan buku untuk tampil di atas panggung oleh Kadisdik. Selain bisa berfoto dan berjabat tangan dengan orang nomor satu di pendidikan kota Cirebon, para siswa pun menerima hadiah yang diberikan oleh kadisdik.

Ketua Literasi Kota Cirebon Lilik Agus Darmawan, S.Pd.,MM didampingi ketua panitia Iis Nuraeni, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras, bekerja sama serta terlibat langsung maupun tidak dalam kegiatan komunitasnya. Pihaknya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam proses lomba ada hal-hal mengecewakan sejumlah pihak.

Sementara itu, perlombaan hari minggu sejak pukul 10.00 hingga 5 sore berjalan sangat meriah. Lomba yang diadakan adalah lomba cipta puisi dan lomba sosio drama. Khusus lomba sosio drama hanya untuk siswa SMP. Siswa SD dan SMP yang sudah membuat puisi hasil review buku yang mereka baca kemudin dise
leksi masing-masing 10 siswa sesuai tingkatannya. Kemudian mereka diminta untuk membacakan puisi yang mereka buat di depan dewan juri untuk berebut juara satu, dua dan tiga.

Tidak berbeda jauh, lomba sosio drama pun rekonstruksi adegan dari buku cerita yang dibaca oleh siswa secara berkelompok. Sayangnya lomba yang satu ini jarang sekali peminatnya mengingat kalender akademik siswa SMP tengah banyak libur dan ujian nasional. Usai diumumkan para juara mendapatkan penghargaan tropi dan piagam dari pihak TB Gramedia yang diserahkan oleh Kadisdik. (denyrochman)