SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

April 11, 2016

BERGURU MELAWAN KEJAHATAN JIN

Oleh :
Deny Rochman

Pada tanggal 9-10 April 2016 saya mengikuti Pelatihan, Terapi dan Konsultasi Ruqyah Syari’iyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Kendati model terapi ruqyah bukan barang baru di kalangan masyarakat Islam Indonesia, namun penyelenggaraan pelatihan di kampus Muhammadiyah ini memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan diadakan di pondok-pondok pesantren.  

Nuansa berbeda itu menjadi daya tarik saya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pertama, sejak lama saya tertarik dengan permasalahan seputar kejiwaan manusia. Mengapa jiwa? Jiwa merupakan substansi kekuatan yang menggerakan manusia, sementara jasad merupakan “benda mati” yang melekat pada manusia. Jasad tanpa jiwa manusia hanya mayit tak bergerak.

Maka tidak heran jiwa menjadi pokok bahasan yang tidak pernah habis dikupas dalam dunia sains. Menjadi kajian para pakar psikologi, sosiologi hingga ilmu kedokteran.  Bahkan Prof. Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim menyebut jiwa dalam bukunya “Misteri Potensi Gaib Manusia” sebagai salah satu potensi gaib, selain roh, akal dan qarin.

Kedua, sebagai guru ilmu sosial (IPS) yang menyandang gelar magister psikologi pendidikan Islam (M.Pd.I) rasanya perlu tahu tentang terapi ruqyah. Terapi ini lebih banyak bekerja di wilayah potensi gaib manusia. Sebuah potensi yang menjadi bagian dari ranah pembelajaran dan pendidikan. Keberhasilan belajar anak lebih banyak dipengaruhi sisi psikologis (jiwa) dan potensi gaib lainnya daripada sisi jasmani. Disinilah perlunya guru menguasai ilmu psikologi pendidikan.

Ilmu yang serupa juga terus dipelajari seperti hypno-learning, hypnosis dan beragam terapi psikologi dan neurologi yang mendukung pendidikan. Kemampuan itu harus terus diasah mengingat mendidik dan mengajar siswa saat ini berbeda tantangan dan masalahnya yang lebih kompleks. Sebagai guru kita sadar bahwa sekolah menjadi entri point dalam menciptakan kaulitas manusia yang insan kamil demi perbaikan peradaban manusia di masa mendatang.

Ketiga, problem kesehatan manusia di masa depan lebih banyak bermuara pada masalah psikis-psikologi, atau penyakit rohani. Tren tersebut dilandasi karena manusia akhir jaman tersebut lebih gandrung pada kehidupan dunia yang bersifat materi (materialistis) atau yang sering disebut dalam hadist penyakit wahn, cinta dunia dan takut mati.


Ketika manusia lebih cinta dunia dan seisinya, maka sisi spiritual mereka akan hilang mengering. Pada saat itulah syetan dengan segala tipu dayanya sangat mudah menyesatkan manusia dari jalan Allah Swt. Terlebih syetan digambarkan mereka berjalan dialiran darah manusia. Bisa dibayangkan begitu dekatnya bahkan melekat musuh-musuh manusia pada diri kita. Kapanpun, siapa pun dan dimana pun sangat mudah syetan memperdayai manusia.

Keempat, pelatihan, terapi dan konsultasi ruqyah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam UMP ini menghadirkan pembicara berkelas nasional. Ustadz Muhammad Faizar adalah terapis yang sering tampil di acara ruqyah di sebuah stasiun televise swasta nasional. Pria asal Banyumas Purwokerto ini kendati masih usia muda namun ilmunya cukup mumpuni dalam hal kitab sihir dan jin. Apalagi pernah menimba ilmu di kawasan timur tengah Mesir, yang dikenal sejak lama ilmu sihirnya.

Alasan kelima mengapa saya mengikuti acara pelatihan, terapi dan konsultasi ruqyah adalah karena penasaran dengan manhaj yang dimimiliki Muhammadiyah. Satu ketika saya pernah berdiskusi tentang fenomena kesurupan dan dunia lain dengan seorang ustadz di lingkungan Muhammadiyah kab. Cirebon. Ustadz ini sebelumnya dikenal sebagai lascar jihad kelompok assunah atau salaf.

Secara pribadi ustadz itu percaya tentang adalah fenomena kesurupan dan berikut terapinya. Namun saat diajak untuk sharing terbuka dalam sebuah forum yang bersangkutan keberatan. Alasannya topic tentang kesurupan dan terapinya masih belum diterima secara utuh bahkan kontroversi di kalangan warga Muhammadiyah. Sehingga dia tidak mau berdiskusi masalah tersebut jika hanya membuat gaduh organisasi. Benarkah?

Memang dalam proses perjalanan organisasi saya di Muhammadiyah belum pernah ada penanganan khusus jika ada fenomena kesurupan. Satu contoh misalnya saat saya masih kuliah pernah mengadakan pengkaderan, satu diantaranya di kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), satu ketika pernah terjadi kasus yang diduga kesurupan. Saat itu penanganannya hanya secara medis, yang kebetulan banyak anggota IMM kala itu dari mahasiswa Akper Muhammadiyah.

Melihat fenomena tersebut, saya pernah berpesan kepada para mahasiswa Akper tersebut. Sebagai mahasiswa kesehatan dilingkungan Muhammadiyah selain mempelajari ilmu sains, tetapi juga bisa mengenal ilmu ruqyah. Mengapa? Karena ia kelak di masyarakat akan menghadapi komplesitas penyakit manusia. Dengan mengenal ilmu ruqyah, paling tidak perawat itu bisa memilah apakah pasien yang dihadapi itu adalah pasien penyakit medis atau sebaliknya.


SUMBER PENYAKIT
Semua penyakit pada manusia salah satu bersumber dr setan. Karena makhluk Allah yg satu ini tidak ikhlas dan ridho thd anak cucu Nabi Adam. Maka sgl daya dan upaya mereka lakukan utk melumpuhkan dan menyesatkan manusia, termasuk melalui sakit yg dihebuskan, baik sakit jasmani maupun rohani.

Ustadz Muhammad Faizar mengatakan, pernyataan di atas relevan dg hadist Nabi Saw jika setan berjalan di dlm pembuluh manusia. Melalui pembuluh darah ini setan mendompleng virus, bakteri atau mikroba shg merugikan kondisi fisik tubuh manusia.

"Dari sisi psikolgis, setan membujuk dan menggoda manusia agar selalu marah, sedih, cemas, stres. Kondisi ini dlm waktu lama akan memicu penyakit lainna seperti diabet, jantung dsb," ungkap Ustadz yang biasa tampil di acara Ruqyah di Trans7 dlm acara pelatihan terapi ruqyah syar'iriyah di Masjid KH Ahmad Dahlan Univ. Muhammadiyah Purwokerto Banyumas, Sabtu (9/4).

Menurut pria asal Sokaraja Banyumas ini, Al Quran sbg wahyu ilahi tdk hny berisi ajaran ibadah, tetapi juga pengobatan secara Islami. Dengan cara tersebut setan tdk bisa mngendalikan manusia. Ada byk ayat dijumpai dlm al Quran bisa mngobati penyakit jasmani maupun ruhani.

Faizar menjelaskan, sbg manusia dirinya tdk bisa mengeluarkan jin dr tubuh manusia. Karena sejak lahir manusia sdh membawa qorin jin dan qorin malaikat. Jk watak manusia cenderung jahat maka qorin yg berkembang adalah qorin jin. Begitu jg sbaliknya.

"Maka berbagialah orang2 yg diberikan kejelasan ttg dosa dan kesalahan2nya. Itu pe tanda Allah sayang sama kita. Sbaliknya mereka yg tak disayang Allah ditutup mata hatinya shg merasa bener tanpa salah hingga dibukakan kala hari hisab," tuturnya.

Dalam pelatihan sehari penuh Ustadz Faizar menyampaikan teori dan pengalaman ruqyah selama ia tinggal di Mesir. Selain praktek deteksi korban kena sihir peserta yg hadir. Keesokan harinya Ahad acara dilanjutkan ruqyah massal di kampus yg sama. (*)