SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Agustus 05, 2016

BUKU MAMPU MENGUBAH PERADABAN

Gerakan literasi dianggap sebagai kunci pembuka kemajuan peradaban. Melalui gerakan kembali mencintai ilmu, maka akan mengubah mindset masyarakat. Perubahan tersebut akan mengarah kepada kemajuan perdaban. Progress is impossible without change, and those who cannot change their minds cannot change anything. Kemajuan adalah mustahil tanpa perubahan , dan mereka yang tidak bisa mengubah pikiran mereka tidak bisa mengubah apa pun.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR H Asep Hilman, M.Pd di depan guru-guru dan kepala sekolah perintis literasi peserta workshop angkatan 4 dan 5 di Hotel BMI Lembang Bandung, Minggu (31/7). Kadisdik mengutip pendapat seorang Kritikus dan Sastrawan kelahiran Irlandia George Bernard Shaw dalam memberikan spirit kepada para sekolah perintis.

“Anda sudah berada disini (workshop, red) menuju proses kemajuan. Dan itu hanya mungkin terjadi jika ada perubahan mindset kita. Perubahan mindset ini hanya bisa dilakukan manakala kita rajin membaca,” ungkap Kadisdik dalam penutupan workshop yang berlangsung selama tiga hari tersebut.
Dalam media what’sApp, Kadisdik menyinggung pendapat seorang pejuang Antirasisme Amerika Malcolm X. Menurutnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa betapa kehidupan manusia bisa diubah dengan sebuah buku (people don’t realize how a man’s whole life can be changed by one book). Pendapat itu sudah dirasakan dan dialami oleh masyarakat dunia saat ini.

“Ada tiga buku besar yang menjadi best seller yang saya pernah baca yaitu Third Wave karya Alfin Toffler, Megatrend 2000 karya John Naisbit dan buku Quantum de Porter Quantum Learning. Buku-buku tersebut telah mampu merubah dunia. Bahkan prediksi Alfin Toffler pada tahun 1970-an ternyata terbukti sekarang dengan bapak ibu menggunakan handphone. Itu buah pikir dalam Alfin Toffler,” ungkapnya bahwa gerakan literasi akan mampu melakukan revolusi mental masyarakat. (denir)