SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Juni 12, 2018

DANA BAWAL MULAI DIREALISASIKAN

RW 01 Kemakmuran Pegambiran Kota Cirebon mulai merealisasikan dana bantuan Wali Kota (Bawal) 2018. Dalam bulan suci Ramadhan, ada tiga kegiatan yang dilaksanakan, yaitu kegiatan keagamaan berupa Pesantren Kilat MTQ, perbaikan jalan gang gapura dan penyaluran dana operasional RT RW, PKK dan Posyandu.

"Alhamdulillah dana Bawal yang kami terima sejak 22 April lalu sudah mulai direalisasikan. Baru tiga jenis kegiatan yang dilaksanakan mengingat pengurus dan warga masih fokus menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tutur ketua RW 01 Kemakmuran di sela kesibukannya membagikan dana operasional RT RW di Baperkam, Minggu (10/6).

Tahap awal adalah perbaikan jalan gang gapura pos Linmas pada 16 Mei 2018. Tahap berikutnya tiga gang lainnya usai lebaran. Sementara gang di RT 7 sudah perbaikan jalan hotmix dari dana Musrenbang 2017 dilaksanakan 14 Mei 2018.

Kegiatan lainnya adalah bidang keagamaan berupa pesantren kilat MTQ. Kegiatan itu baru dilaksanakan pada 10 - 12Juni di Masjid Al Makmur. Dalam waktu bersamaan, ketua RW juga menyalurkan dana opersional RT RW bertempat do baperkam.

"Prinsip Bawal itu yang saya pahami ya perberdayaan dan partisipatif warga. Maka peruntukannya pun untuk pembangunan bagi warga. Tetapi tetap berlandarkan kebutuhan prioritas mengingat dananya terbatas," tutur ketua RW 01 Deny Rochman.

Untuk penyaluran dana operasional RT dan RW pihaknya mengambil kebijakan sesuai berbasis kinerja. Maka sebelum menerima dana setiap RW dan RT ditugaskan untuk melakukan perbaikan data dan fakta kependudukan. Untuk pengurus RW sebagai tim pelaksana pembangunan Bawal ditugaska  membuat RAB (Rencana Anggaran Belanja) kegiatan sesuai pembagian tugasnya. (*)