SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Juni 20, 2018

KPPS RW 01 PETAKAN POTENSI MASALAH

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) RW 01 Kemakmuran Pegambiran Kota Cirebon mulai melakukan pemetaan potensi masalah pilkada di wilayahnya. Pemetaan dilakukan sebagai antisipasi kinerja personilnya dalam menyikapi berbagai kemungkinan yang muncul di TPS 01 dan TPS 02 wilayahnya.

"Kalau dari pengalaman pilkada dan pemilu sebelumnya masalah yang perlu dicermati adalah jumlah kartu suara. Pastinya kita harus cermat jumlah kartu suara sebelum dan sesudah pencoblosan jumlahnya sama," tutur Sumantri, ketua KPPS 02 dalam rapat pra Bimbingan Teknis Pilgub Jabar dan Pilwalkot di Baperkam RW 01 Kemakmuran, Rabu (20/6) malam.

Ketua KPPS 01 Deny Rochman menambahkan, pastikan semua personil KPPS harus memahami tugas-tugasnya. Termasuk kewajiban dan larangan yang membatasinya. Mekanisme dan prosedur, syarat dan ketentuan pencoblosan hingga jika terjadi permasalahan dalam prosesnya.

"Yang terpenting kita memahami betul juknisnya. Jika itu kita kuasai sangat kecil kemungkinan proses pemungutan dan perhitungan suara akan berakhir masalah," tutur Deny Rochman yang juga ketua RW 01 Kemakmuran di depan 14 personil KPPS di kampungnya.

Pra Bintek di kampungnya memang lebih awal dilakukan sebelum Bintek KPUD Kota Cirebon digelar. Recananya bintek tingkat kota akan dilaksanakan pada Jumat 22 Juni 2018 di hotel kawasan bisnis Gunungsari. Menurut Deny, Pra Bintek sebagai ajang diskusi pemenataan awal masalah yang akan menjadi bahan bintek KPU.

Dalam proses bintek, permasalahan yang dicermati seperti apakah saksi satu atau dua orang. Ini karena pilkada serentak 27 Juni ada dua Pilgub Jabar dan Pilwalkota. Apakah ada perlindungan hukum jika personil KPPS mengalami intimidasi baik fisik maupun non fisik. Berapa estimasi anggaran untuk pelaksanaan dua pilkada ini. (*)