SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Juni 21, 2018

MAU JADI KPPS PILKADA? INI SYARATNYA...

Cung siapa yang berminat jadi KPPS ? Cung siapa yang ingin jadi KPPS profesional ? Jika mau, maka ada syaratnya. Satu diantaranya seorang KPPS wajib memiki sikap Jutirat. Yah, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS harus punya jiwa JUjur, TelitI, akuRAt. Dengan sifat ini maka berbagai persoalan dalam proses pilkada akan bisa teratasi.

"Sebagai penyelenggara pilkada harus memiliki sikap Jutirat yaitu jujur, teliti dan akurat. Itu menjadi tagline KPU di Jawa Barat. Kedengarannya simple tetapi jika dilaksanakan dengan baik bisa mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam pilkada," tutur Emrizal Hamdani, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon, Jumat (22/6).

Ketua KPU menyampaikan hal itu di depan 579 ketua KPPS, PPS dan PPK se- Kota Cirebon dalam Bimbingan Teknis Terpadu Pilkada serentak di Swiss-Belhotel Cirebon. Dalam kesempatan itu, ketua KPU mengenalkan lima anggota komisionernya, yaitu Emrizal (ketua), Sanusi (div. Hukum logistik), Rita (sosialisasi), M. Iwan (pendataan) dan M. Arif (pemungutan suara).

Emrizal menjelaskan, masalah jujur menjadi harga mati bagi penyelenggara pilkada. Teliti, karena KPPS akan bermain angka-angka rekapitulasi hasil penghitungan suara. Begitu juga dalam memberika n laporan harus akurat sehingga tak memicu gejolak pilkada berekses. 

"Jujur itu harus 100%. Ini yang diminta oleh paslon dan partai.Temen-temen juga harus teliti karena akan bermain main dengan angka-angka. Jadi harus hati-hati. Jika kepleset bisa berubah. Ini sering terjadi kasus sebelumnya yang pernah terjadi dalmm pileg. Jika angka satu ketambah nol maka akan berdampak serius," tandasnya. (PaDE)