SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Mei 27, 2017

AWAL GERAKAN LITERASI TANPA ANGGARAN PEMDA

Kadisdik Kota Cirebon memberikan apresiasi terhadap kinerja tim literasi
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd berkali-kali menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan kepada tim literasi di kotanya. Berkat perjuangan tim pegiat CLRC—Cirebon Leader’s Reading Challenge, program literasi di kota Cirebon sudah membuahkan hasil positif dalam menumbuhkan minat baca para siswa. Sekalipun secara formal Pemerintah Daerah Kota Cirebon di awal kegiatan belum menganggarkan kegiatan tersebut.

“GLS (Gerakan Literasi Sekolah, red) yang muncul di kota berdasarkan semangat dari teman-teman guru pegiat literasi. Di awal kegiatan GLS tidak ada anggaran dari Pemda. Ini sebuah keberhasilan bagaimana guru-guru kita terbangun semangat dengan motivasi instrinsiknya dengan membangun minat membaca. Sekali lagi menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tim CLRC semoga tetap sehat dan semangat terus,” tutur Kadisdik dalam sambutannya di acara Anugerah Literasi 2017 di Keraton Kacirebonan.
Tim literasi berfoto bersama Kadisdik dan Sultan Kacirebonan

Pernyataan Kadisdik dalam acara pengalungan medali literasi kepada 380 insan literasi dibenarkan oleh para pegiat literasi. Sejak launching 2 Mei tahun 2016 hingga 2 Mei 2017 kemarin tim literasi CLRC kota Cirebon banyak memberdayakan dana pribadi, donatur dan sponsor. Kegiatan lomba dan pameran dua tahun di CSB Mall juga atas kerjasama TB Gramedia, CSB Mall dan tim CLRC. Bersyukur untuk pengadaan medali literasi sebanyak 380 buah sudah disiapkan oleh pihak pemda melalui dinas pendidikan setempat.

“Insha Allah ke depan Pemda akan lebih memperhatikan. Biasanya kalau program dari atas sepanjang ada anggarannya bisa jalan.  Ini CLRC tanpa anggaran bisa jalan, apalagi nanti jika disiapkan anggaran insha Allah bisa akan lebih baik. Mudah-mudahan dari Komisi C (DPRD Kota Cirebon, red) bisa bantu anggaran pendidikan yang saat ini menurun drastis.  Kami ingin mendorong kegiatan semacam ini akan lebih maju. Saya akan mendorong kepada para pengambil kebijakan,” janji kadisdik yang low profil ini di depan peserta kegiatan.

Pihaknya berharap, semoga GLS akan terus semakin semarak menumbuhkan budaya literasi di Kota Cirebon.  Dinas selalu apresiasi dan memberikan semangat kepada pegiat literasi yang dilaksanakan dengan penuh semangat. Semangat itu terlihat dalam group WA (what’app) guru-guru pegiat literasi. Semangat merupakan sebuah awal bagaimana guru-guru bisa berkembang di dunia pendidikan.

“Saya sampaikan acungkan jempol dg apresiasi setinggi tingginya kepada CLRC sebagai penggerak dan pengiat literasi kota cirebon. Insha Allah akan terus berkembang dan berkembang untuk menggiatkan gerakan membaca baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. CLRC semakin maju semakin berkembang,” tandasnya. (pade)