SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

September 07, 2020

PENGURUS RW LAMA TASYAKURAN

Senin malam, 7 September 2020 menjadi malam terakhir bagi pengurus  RW 01 Kemakmuran. Pengurus lama periode 2017-2020 di bawah kepemimpinan ketua RW Deny Rochman, sekretaris Sumantri dan bendahara Nur Urwah Istiqomah (Nuris). Acara dikemas dalam ramah tamah dan tasyakuran diawali sambutan tuan rumah, mantan ketua RW, lalu doa keselamatan dan kesehatan oleh ustad M. Setiawan dilanjut makan-makan.

Malam itu malam ramah tamah sekaligus malam tasyakuran pengurus lama. Yah, ajang perpisahan itu menyusul telah terpilih, terbentuk dan dilantiknya pengurus baru. Pengurus RW 01 Kemakmuran periode 2020-2023 dengan ketua RW Alfan Surya Gemilang ( Gilang Gumilang), sekretaris Johan Maulana, dan bendahara Rusikin.

Mereka dilantik oleh bersamaan dengan pengurus RT oleh Camat Lemahwungkuk dan Lurah Pegambiran, Jumat 4 September 2020 usai sholat jumat di Pendopo Kecamatan. Prosesi pelantikan berjalan sangat singat itu harus mentaati protokol kesehatan.

Acara malam tasyakuran itu dihadiri pengurus RW dan RT serta kader. Memang tak semua hadir. Karena informasi undangan sebatas melalui group WA. Padahal tak semua pengurus memiliki WA. Ada juga tidak hadir karena alasan keperluan atau tidak enak bodi.

Jajaran pengurus RW yang hadir boleh dibilang komplit, termasuk dua dari tiga penasehat RW: Pak Edi Junaedi dan Pak Ikrom. Sementara ketua RT yang tak hadir hanya Pak Maman Slamet (RT3), mungkin ga tahu info karena tak memiliki WA. Sedangkan ketua RT lainnya datang. Seperti ibu Marfuah (ketua RT1), Zaenul (RT2), Edi Surono (RT 4), Eni (RT5), Ani (Rt6) dan Anna (Rt7). Sisanya yang hadir para kader PKK Posyandu.

Tak terasa tiga tahun mengabdi. Menjadi pengurus RW RT Kemakmuran Pronggol. Tak percaya, bisa menyelesaikan pengabdian dalam waktu tak pendek. Melayani, memperhatikan, mendengarkan, dan menyelesaikan satu demi satu masalah warga. Memang belum memuaskan semua pihak, apalagi dibilang sempurna.  Namun selama 3 tahun pengurus terus berkarya untuk kebaikan kampung.

Dalam kesempatan, Ketua RW lama Deny Rochman menjelaskan bahwa diadaknya malam tasyakuran pengurus lama merupakan rencana lama yang sudah disiapkan. Hanya saja karena kesibukan masing-masing pengurus baru bisa terlaksana Senin malam usai isya. Selain itu, pembubaran pengurus ini sebagai acara pamungkas setelah seluruh rangkaian tahapan pemilihan dan pelantikan pengurus baru sudah dilakukan.

Memang terlihat agak berbeda, tasyakuran dilakukan pada masa akhir jabatan. Padahal pada awal jabatan pengurus, saat terpilih sebagai ketua RW pada tahun 2017 silam, tak ada acara tasyakuran atau selamaten dan sejenisnya. Ini malah diakhir pengabdian diadakan acara tersebut.

Menurut Deny, perlunya tasyakuran sebagai wujud rasa syukur pengurus lama. Rasa syukur telah selesai mengemban amanah warga selama tiga tahun. Selama mengabdi, bersyukur bisa selesai dengan menyenangkan. Tak ada hambatan yang berarti. Tak ada kejadian luar biasa. Sebaliknya pengurus lama sedikit banyaknya meletakan dasar-dasar manajemen organisasi ke-RW-an.

Pengurus lama berhasil menghimpun dan mengelola iuran wajib kampung (IWK) dan pendapatan lain yang tidak mengikat. Sehingga selama tiga tahun berkarya meninggalkan saldo kas RW Rp3,6 juta dan saldo kas PKK Rp324.000 bagi pengurus baru. Plus sejumlah sarana kampung dan aset-aset berharga dan bermanfaat lainnya.

Sebagai ketua RW lama, Deny berharap dan berdoa dibawah kepemimpinan RW baru, pak Gelang, kampung Kemakmuran kian maju. Gelang adalah putera asli kampung ini. Memiliki keluarga besar dan rekam jejak yang baik. Basicnya sebagai pebisnis, diharapkan mampu menata kampung lebih baik lagi. Terlebih didukung semangat perubahan para pengurus barunya.

Mantan RW mengajak kepada pengurus lama ikut aktif memajukan kampung kemakmuran. Mendukung kebijakan pengurus baru dalam membawa kemajuan kampung. Ia berharap tak ada lagi upaya mengkotak-kotak kelompok. Apalagi menebar ujaran kebencian dalam segala bentuk. Karena hakekatnya kita bersaudara, satu hati untuk memajukan kampung.

Pada bagian akhir Deny menyampaikan terima kasih. Terima kasih kepada seluruh pengurus. Baik pengurus RW, RT, PKK, Posyandu, Kp Siaga, Linmas hingga petugas kebersihan. Wabil khusus buat sekretaris Pak Sumantri dan Bu Nuris. Keduanya luar biasa bekerja membantu ketua RW. Sehigga pelayanan kepada masyarakat Kemakmuran bisa berjalan dengan baik.

Permohonan maaf disampaikan dengan tulus kepada semua pengurus.  Yang telah berlomba-lomba dalam kebaikan mengabdi kepada kepentingan masyarakat. Permohonan maaf juga disampaikan kepada warga. Jika selama tiga tahun mengemban amanah mereka, pengurus belum bisa bekerja sesuai harapan semua warga. Semog apa yang telah dilakukan menjadi kebaikan dan dibalas pahala oleh Allah Swt. Aamiin. (*)

Pronggol Kemakmuran, 7 September 2020