SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Mei 13, 2017

117 GURU BERSAING DALAM LOMBA OLIMPIADE

Sebanyak 117 guru SD dan SMP di Kota Cirebon mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat kota Cirebon, Sabtu (13/5). Seleksi tingkat kota tersebut dipusatkan di SMP Negeri 18 Kota Cirebon Jalan Pronggol Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk. Di tempat yang sama namun berbeda waktu, akan di pemilihan guru, tenaga kependidikan, kepala sekoh dan pengawas berprestasi.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Cirebon Dra Sriwahyuning Hadi M.Si mengatakan, jumlah peserta OGN di kotanya tersebut terdiri dari guru kelas SD sebanyak 21 orang, sedangkan guru SMP sebanyak 96 orang. Jumlah guru SMP tersebut terdiri dari lim mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  


Sumber: Surat Disdik No. 800/288/Disdik Tgl 15 Mei 2017
“Mereka yang terseleksi juara satu akan mewakili kota Cirebon ke tingkat Jawa Barat pada tanggal 17-18 Mei 2017. Memang dilihat jeda waktu selek
si dan lomb sangat mepet karena ada perubahan informasi dari Jawa Baratnya,” tutur Kabid yang akrab disapa Bu Yuni ini disela kesimbukannya memantau jalannya lomba OGN.

Seleksi yang berjalan satu hari itu para peserta mengerjakan soal tertulis dengan diawasi oleh pengawas Disdik setempat. Mereka dipisahkan dalam kelas berbeda sesuai dengan mata pelajaran dan  jenjangnya masing-masing. Sementara untuk seleksi guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah dan pengawas berprestasi dijadwalkan akan dilaksanakan pada 17-18 Mei 2017 di lokasi yang sama.

Sebelum tes, peserta OGN mengikuti upacara pembukaan. Dalam sesi tersebut peserta mendapat penjelasan dan berbagi pengalaman dari juara I nasional OGN tahun 2016 Iis Nuraeni, M.Pd. Berkat prestasinya tersebut guru SMP Negeri 1 Kota Cirebon ini mendapatkan berbagai penghargaan dari pemerintah mulai dari uang, studi banding ke Belanda dan Belgia, mengikuti program pelatihan dan sebagainya.  

Berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa seleksi OGN tingkat propinsi akan dilaksanakan pada 17-18 Mei 2017. Dua hari tersebut setiap kota dan kabupatan dikelompokkan dalam wilayah berbeda, mulai wilayah I hingga VIII. Kota Cirebon masuk dalam wilayah V bersama Kab Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu. Peserta yang lolos tingkat kota harus membawa persyaratan tes yang sudah ditentukan oleh panitia propinsi. (deny)