SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

April 26, 2017

RATUSAN SISWA IKUTI LOMBA LITERASI

Jangan pernah mengaku pinter kalau belum diadu dengan siswa se- Kota Cirebon. Nah, ratusan siswa SD di kota ini menguji kecerdasannya dalam lomba rangking 1 literasi di CSB Mall, Rabu (26/4). Pada hari Minggu, giliran siswa SMP mengikuti kegiatan yang sama. Kegiatan yang diadakan oleh pegiat literasi kota Cirebon, CLRC---Cirebon Leader's Reading Challenge.

Setelah berjuang menjawab puluhan soal, keluar sebagai pemenang terbaik ranming satu adalah Najma Alexandria Novalina dari SD Negeri Sabilul Huda. Najma adalah puteri M. Nopel wartawan Radar Cirebon. Sedangkan juara dua diraih oleh Latifa Cahyana, SDN Pengampon 1 dan juara ketiga adalah Nayla Azzahra Yusfiana, SD Smart Auladi. nayla tercatat satu-satunya siswa paling muda duduk dibangku kelas III.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs H Jaja Sulaeman, M.Pd menyambut baik terlaksananya lomba ranking 1. Pihaknya berharap berbagai lomba literasi akan meningkatkan minat membaca anak-anak. Pada gilirannya nanti pendidikan kota Cirebon akan lebih maju.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pegiat literasi, pihak Gramedia dan CSB yang sudah melaksanakan lomba ini. Terima kasih juga kepada orang tua siswa yang sudah mendorong anaknya untuk rajin membaca. Membaca itu perlu pemahaman," tutur Kadisdik didampingi Ketua Literasi Kota Cirebon Lilik Agus Darmawan, S.Pd., MM yang juga kepala SMP Negeri 6 kota Cirebon.

Menurut Lilik, lomba ranking satu adalah satu dari tiga lomba yang diadakan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Lomba lainnya adalah sosiodrama dan lomba cipta puisi review buku tingkat SD dan SMP pada hari Minggu ini. Puncak acara ada penghargaan walikota kepada siswa yang terbanyak membaca buku saat upacara Hardiknas di alun-alun Kejaksan 2 Mei 2017.

"Kegiatan ini dimotori oleh CLRC. Sebelumnya selama 10 bulan siswa SD dan SMP di kota ini mengikuti tantangan membaca buku dari bapak walikota. Mereka yang berhasil membaca 24 buku maka akan diberikan medali literasi. Termasuk guru pembimbing dan kepala sekolahnya," tutur Lilik didampingi ketua panitia lomba Iis Nuraeni, M.Pd disela memantau lomba.

Sementara itu, lomba ranking satu yang dipandu Nova dan Dewi itu dimulai pukul 13.00 berjalan ketat. Lomba literasi ini soal-soal yang dibuatnya dari buku cerita yang sudah ditentukan panitia dan dibaca oleh peserta. Diawal acara penonton yang memadati atrium mall disuguhi pentas seni anak-anak SD. Ada tarian tradisional, rampak pianika hingga aksi pantomim. Acara kian semarak bersamaan berlangsungnya pameran buku Gramedia. (denyrochman).