SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

November 23, 2016

RIBUAN GTK BERSAING DI SIMPOSIUM NASIONAL

Ribuan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) se- Indonesia bersaing dalam ajang bergengsi Simposium Nasional. Pendaftaran Simposium di mulai 17 Oktober hingga 20 0 Nopember 2016. Hingga pendaftaran ditutup tercatat ada 3.382 GTK yang berpartisipasi mengirimkan ide dan pemikirannya dalam bentuk artikel kepada panitia.

Dalam simposium tahun 2016 ini, pihak Kementerian membagi kategori lomba yakni kategori Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas). Peserta dalam kategori ini sebanyak 119 orang. Untuk kategori guru Pendidikan Dasar (Dikdas) tercatat ada 1.544 guru yang mengirimkan artikel. Kategori guru SMA/SMK atau Dikmen sebanyak 1.490 orang, dan untuk kategori Tenaga Kependidikan (Tendik) peserta yang ikut sebanyak 229 orang.


Dari jumlah peserta yang terlibat, satu diantara peserta adalah guru SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Guru IPS memiliki nama lengkap Deny Rochman, S.Sos., M.Pd.I tersebut tercatat sebagai peserta kategori Pendidikan Dasar. Guru pegiat literasi ini mengirimkan artikelnya dengan topik mengembangkan budaya literasi di satuan pendidikan. Judul yang ia pilih adalah Cara Mudah dan Menyenangkan Guru Belajar Menulis. Tulisan karya ilmiah populer tersebut dikirim disela kesibukannya mengisi materi workshop literasi se Jawa Barat di Bandung, Rabu 9 Nopember 2016.

“Peserta harus mendaftar dan mengirimkan artikel melalui website http://simposiumgtk.kemdikbud.go.id. Satu peserta satu artikel dengan memilih satu dari sepuluh topik yang sudah ditentukan. Sepuluh artikel yang terbaik setiap topiknya akan masuk babak final pada 24 Nopember 2016 di Jakarta. Mereka yang terpilih juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan uang pembiaan, laptop dan piagam,” tulis panitia dalam buku pedoman pelaksanaan Simposium GTK tahun 2016.

Sepuluh topik yang dijadikan isu permasalahan dalam dunia pendidikan kita untuk dicarikan solusi atau pemecahan masalah oleh Guru se Indonesia sesuai dengan jenjang jabatannya, adalah : (1) Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan, (2) Optimalisasi Pendidikan Inklusi, (3) Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan, (4) Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan.
Topik lainnya adalah (5) Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Guru dan Tenaga Kependidikan Pembelajar, (6) Pelindungan Guru dan Tenaga Kependidikan (Hukum, Profesi, K3 dan HaKI), (7) Membangun Integritas di Satuan Pendidikan, (8) Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan, (9) Meningkatkan Mutu dan Akses Pendidikan di Daerah 3T, dan (10) Teknologi Informasi Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran.

Panitia menjelaskan bahwa tujuan diadakan Simposium tersebut secara umum untuk  mendorong  kreatifitas  GTK dalam  menghasilkan  karya  ilmiah  yang strategis  atau  permasalahan  terkini  di  bidang pendidikan. Sementara tujuan khususnya adalah pertama untuk meningkatkan kompetensi GTK dalam pelaksanaan tugas dan profesinya. Kedua, menambah wawasan, pemahaman, pengalaman guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas profesinya. Ketiga untuk mencari,  menggali  dan  menemukan  ide  karya  terbaik sekaligus memberikan penghargaan atas ide karya terbaik GTK.
Lomba yang akan dinilai oleh juri independen dan profesional tersebut hasilnya akan diumumkan pada 25 Nopember 2016, bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016. (denyr)