SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

November 23, 2016

GURU SMPN 4 CIREBON LOLOS KE FINAL

Guru IPS SMP Negeri 4 Kota Cirebon akhirnya lolos 10 besar finalis Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2016. Guru memiliki nama lengkap Deny Rochman, S.Sos., M.Pd.I lolos setelah bersaing sebanyak 1.544 guru SD dan SMP se- Indonesia dalam kategori guru Pendidikan Dasar (Dikdas).  Total jumlah peserta dari empat kategori sebanyak 3.382 orang sejak pendaftaran dibuka 17 Oktober hingga 20 Nopember 2016.

Berkat prestasi awalnya tersebut, guru berkacamata ini akan mengikuti seleksi tahap akhir pada 24-28 Nopember 2016 di Jakarta. Deny hadir bersama 200 peserta simposium se- Indonesia yang terpilih setiap kategorinya. Di babak final, setiap peserta menyampaikan gagasan dan pemikirannya yang tertuang dalam artikel yang mereka kirim. Dipilih tiga pemenang dari 10 finalis yang akan bersaing.


“Saya ikut lomba mengirimkan artikel dalam kategori Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan. Fokus kajian saya adalah bagaimana guru-guru memanfaatkan media sosial untuk belajar menulis. Judul yang saya pilih adalah Cara Mudah dan Menyenangkan Guru Belajar Menulis,” tutur Deny Rochman, disela mengisi materi workshop literasi di Bandung, Selasa (22/11) malam.

Deny tidak menyangka tulisan lamanya akan masuk dalam 10 finalis Simposium. Pasalnya ia menyadari tema tentang literasi akan banyak pesaing di dalamnya karena tema itu menjadi trending topic dunia pendidikan Indonesia saat ini. Tema menulis bagi guru ia pilih dari 10 topik yang disodorkan panitia guru pegiat literasi ini beralasan karena kompetensi menulis adalah bagian dari skillnya selama ini.

“Sebenarnya banyak yang ingin saya tulis. Tapi karena panitia menetapkan hanya boleh satu artikel yang dikirim maka saya lebih cenderung memiliki topik guru menulis. Kendati tema literasi sudah banyak, tapi rendahnya budaya guru menulis menjadi permasalahan tersendiri dalam dunia pendidikan kita,” ujarnya bahwa kabar pengumuman itu ia terima Selasa malam saat dirinya tengah menyampaikan materi tentang website dalam acara workshop literasi sekolah perintis.

Tercatat, dari 1.544 guru yang bersaing di bidang Dikdas, Deny Rochman mendaftar dalam urutan ke-254. Pendaftar pertama adalah Zainul Hadi, S.Pd, guru SD Negeri 7 Korleko Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Sementara pendaftar diurutan terakhir 1.544 adalah Nur Zaida, guru SMP Negeri 8 Kota Semarang Jawa Tengah (denyr).