SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

April 26, 2016

WALIKOTA SIAP DEKLARASIKAN GERAKAN LITERASI

Walikota Cirebon Drs Nasrudin Aziz, SH menyatakan kesiapannya mendeklarasikan gerakan literasi di sekolah-sekolah kota Cirebon bersamaan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 mendatang. Tidak hanya itu walikota pun berencana akan menganggarkan dalam APBD untuk kelangsungan program mencerdaskan anak bangsa tersebut melalui Dinas Pendidikan setempat.

“Saya siap mendeklarasikan gerakan literasi tersebut pada saat upacara Hardiknas. Untuk anggaran tolong Pak Kabid masukan ke dalam anggaran Dinas Pendidikan secara khusus, jangan dipotong-potong,” tandas Walikota Cirebon saat menerima guru-guru panitia Gerakan Literasi di ruang kerjanya, Selasa (26/4).

Walikota Cirebon menerima audiensi dari guru-guru penggerak literasi di kota Cirebon didampingi dari pihak Dinas Pendidikan. Hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Casir Edy Supriyadi, M.Pd, didampingi Kabid Dikdas Drs Adin Imaduddin Nur dan Kasi Mutendik Toto Heryanto, S.Pd.,MM. Dalam kesempatan itu, pihak Dinas Pendidikan menyampaikan program kegiatan Hardiknas.  

Juru bicara panitia Daryo Susmanto, S.Sos.,M.Pd mengatakan bahwa gerakan literasi sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di kota Cirebon. Program tersebut secara nasional sudah diluncurkan oleh Mendikbud Anis Baswedan pada tahun 2015. Sementara program sejenis di Jawa Barat sudah diterapkan lebih awal tahun 2014, digagas oleh guru-guru alumni Adelaide melalui program West Java Leader’s Reading Challenge.

“Seperti kita ketahui bersama tingkat baca masyarakat kita rendah dibandingkan negara-negara di dunia. Terlebih sekarang perkembangan gadget tidak terkendali membuat anak-anak kita jauh dari dunia membaca dan menulis. Melalui gerakan literasi ini diharapkan mutu pendidikan kota Cirebon bisa ditingkatkan,” ujar Daryo, guru SMP Negeri 1 Kota Cirebon ini di depan walikota.

Panitia lainnya menambahkan, bahwa budaya literasi melalui program West Java Leader’s Reading Challenge sudah berjalan di beberapa sekolah di Kota Cirebon. Tingkat SMP sudah diuji coba di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Sedangkan di tingkat SD sudah diterapkan di SD Negeri Kalijaga Kota Cirebon. Pada peringatan Hardiknas tahun 2016 ini budaya literasi akan diperluas ke sekolah-sekolah lain, menyusul secara nasional sudah dilaunching oleh Mendikbud.

Deklarasi gerakan literasi tersebut puncak acaranya pada 20 Mei 2016 di TB Gramedia Cipto Cirebon. Pada kesempatan itu Walikota Dra Nasrudin Azis, SH akan melakukan teleconference dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, LC. Kota Cirebon satu dari tiga daerah yang ditunjuk untuk melakukan teleconference dengan gubernur dalam memperingati Hardiknas 2016 ini. Dalam kegiatan tersebut akan mengundang banyak pihak yang mendukung gerakan literasi. (denyrochman)