SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Desember 14, 2015

KEJUTAN SEPEKAN BERSAMA SI LUNA

Banyak kejutan selama sepekan bersama Si Luna (baca: Soluna). Sejak dipinang 9 Februari 2015 lalu perkenalan dengan Si Luna berjalan "ngeri-ngeri sedap". Yah perkenalan. Bukan hny baru kenal dg Soluna tp jg sedan Toyota ini mobil pertama dlm hidupku.

Kenapa saya pilih Soluna? Pilihan ini.bukan semata saya "homosek"alias hobi mobil seken. Tetapi karen ketersediaan bajet. Memang banyak pilihan mobil secound, tp pesona Si Luna memuat hati ini luluh. Pesonanya, keiritannya, ketangguhannya, populeritasnya, purna jualnya dan satu lg, si Luna pny teman satu kantor. Jd riwayat mobil jelas terang benderang.
Tanggal 10 Februari, sy mencoba beradaptasi dg si Luna. Tetangga biasa supir aku bawa utk mendampinginya. Yg bikin nekad, cukup dua kali latihan si luna aku langsung bawa ke tempat kerjaku. Pagi itu aku hrs melintasi jalan padat.merayap.

Cemas? Ya. Cuma latihan dua kali rasanya terlalu beresiko membawa mobil yg msh mulus. Aku meyakinkan diri bhw smakin byk tantangan dan rintangan aku akan cepat mahir menyetir. Yg penting tenang. Kenekadan ini karena di rumahku blm ada garasi. Disimpan di lapangan depan rumah, beresiko terkena tendangan bola. Maklum rumahku dekat dg komplek sekolahan.

Saat aku memutuskan membeli si luna, bbrp orang trmasuk istri mragukan kemampuan nyetir aku. Maklum selama ini sy tak pernah terlihat bawa mobil. Shg kawan tempat kerjaku nyindir, kl orang ga bisa nyetir terus beli mobil, itu keinginan yg berlebihan.

Keraguan mereka ada benarnya. Selama ini sy hny belajar dr pengamatan thd supir yg bawa mobil. Saat naik angkot, bis atau mobil pribadi sebuah acara. Bagaimana pindahin kompling, papasan dg mobil beda arah dsb. Namun utk meyakinkan orang2 terdekatku, aku katakan bahwa saya dulu pernah belajar setir. Paling tdk pernah mencoba sekali satu jam di lapangan bola di kampung ku.

Selama dijalanan membawa si Luna tak byk halangan berarti. Hny berbekal teori dr google dan youtube aku pun sampe di tempat kerjaku. Sementara sy parkir ditepi jalan. Alasannya krn biar cepat pulang, selain msh blm pede bawa mobil ke tempat kerja.

Kendala yg cukup merepotkan adalah saat mau parkir di depan rumah. Karena rumahku masuk ga yg tak.cukup luas masuk mobil. Inilah utk pertama kali si Luna terluka. Tergores dibagian hidung, pantat, dan pintu. Blm.lg jok supir sobek karena  terkena ujung sabuk pengaman.

Semula cukup bikin bete dg berbagai pengalaman tak menyenangkan tsb. Tp sy cukup bersyukur, sbg pemula sy hny mngalami goresan body. Beberapa kisah kawan lain hingga sampe meruntuhkan tembok pagar krn salah injak gas. Mudah2an ke depan kejadian buruk itu tak terulang. Aamiin.

Tantangan berikutnya adalah ketika saat melintas ditanjakan, jalanan macet dan parkir. Kemampuan ku memainkan rem tangan blm terampil. Sehingga mesin sering mati. Tips yg slalu aku pegang hrs tetap tenang dlm situasi apapun dijalan raya.

Sebagai pemilik.baru mobil, tentu byk hal yg aku tdk tahu soal sedan. Khususnya kondisi.mesin. Beruntung aku.pny kawan2 Soluners digroup ini yg sudi berbagi.pengalaman soal perawatan si Luna.

Hal yg tak terlupakan selama sepekan.itu adalah saat ban depan bocor. Siang itu aku bersama keluarga hendak.negok kawan sakit di rumah sakit. Namun saat.melintas.jalan.mendekati.rumah sakit mendadak stir aku oleng. Selalu berbelok kiri. Setelah dicek ternyata ban depan kiri.bocor.

Semula aku hendak mengganti sendiri ban tsb. Lagi2 hny berbekal teori dr youtube. Tp saat menoleh ada bengkel tambal.ban. Pikir sy cari aman hrs belajar lihat langsung yg biasa pasang. Yg mendadak cukup stres, setelah ban yg bocor itu divonis ga bisa ditambal. Pdhl bagian luar ban masih bagus. Alasan bengkel krn bocor disamping ban. Diduga ban kurang angin trus masuk lubang kena batu.

Sy pun hrs buka dompet cek cadangan rupiah. Tapi sy tetap ikhtiar cari alternatif solusi. Upaya ini membuahkan hasil. Saat sampe di kota, pihak bengkel lain sarankan tuk beli ban dalam. Ban tubles disulap.ban biasa. Hemm.... bisa menghemat biaya pikir saya.

Ini pengalaman ku baru belajar bawa mobil. Bagaimana dg kawan2 soluners, pny kah pengalaman tak terlupakan saat membawa mobil pertama kali? Mangga di share pengalamannya. Mksh.