Oleh :
Deny Rochman, S.Sos.,M.Pd.I[2]
A. PENDAHULUAN
Salah satu problem krusial pendidikan nasional adalah krisis pendidikan
budi pekerti. Persoalan ini begitu terasa dampaknya ditengah masyarakat bangsa
ini yang sebelumnya dikenal santun kini berubah menjadi anarkhis, akrab dengan
kekerasan dan kebencian. Potret sosial bangsa ini perlahan tapi pasti dirasakan
pula di lingkungan pendidikan seperti sekolah. Menyontek menjadi kebiasaan
buruk yang sulit hilang. Siswa mulai tidak hormat kepada guru. Kekerasan antar-pelajar
semakin meningkat. Bahkan praktek korupsi merembes hingga ke sekolah-sekolah.
Tentu semua pihak perihatin dengan wajah sekolah masa kini. Sebuah institusi
yang diharapkan sebagai pewaris dan mempertahankan nilai-nilai dan norma mulia
bangsa kepada generasi penerus. Sekolah ibarat barometer sosial masyarakat. Jika
moral sekolah sudah mulai rusak, bagaimana dengan moral masyarakat yang sulit
dikendalikan secara sistematis dan terorganisir. Jika kondisi amoral ini terus
berlanjut maka akan mengancam eksistensi negara Indonesia sebagai sebuah
bangsa.