SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

November 16, 2020

JELAJAH LITERASI DENGAN JEEP PERANG


Ini kali ketiga komunitas literasi melakukan trip and adventure. Kali ini, Komunitas Gelemaca Kota Cirebon menjelajahi hutan lereng Gunung Slamet Kab. Tegal Jawa Tengah, Sabtu (15/19). Seperti apa petualangannya? Rasakan sensasinya.

Catatan:
DENY ROCHMAN
Pegiat literasi Gelemaca

Sabtu pagi pengurus komunitas Gerakan Literasi Masyarakat Cirebon Kota (Gelemaca) sudah berkumpul di SMPN 1 Kota Cirebon. Sehari sebelumnya di Warkop WAW Radar Cirebon, secara mendadak dan aklamasi mereka memutuskan untuk menggelar kegiatan off road ke destinasi wisata Guci Tegal.
Jelajah literasi ke-3 ini mengangkat tema Tour The Guci Exploration. Guci adalah salah satu destinasi wisata alam di Kab. Tegal Jawa Tengah. Berada di lereng Gunung Slamet. Tiga kendaraan MPV rombongan Gelemaca, menempuh 118 Km dari titik kumpul di SMPN 1 Kota Cirebon. Perjalanan melalui tol selama 2 jam waktu normal. 
Agenda Gelemaca ini boleh dibilang mendadak. Hanya diputuskan sehari sebelumnya di Warkop WAW Radar Cirebon. Sejak awal masa pandemi covid-19 berlangsung. Tujuan kegiatan ini adalah refreshing para pegiat literasi. Sambil eksplor keadaan alam lereng Gunung Slamet sepanjang 15 km dengan kondisi jalan yang relatif masih alami. 
Kekuatan personil 15 orang, membutuhkan armada jeep sebanyak empat. Dengan driver berpengalaman, turis lokal ini diajak uji nyali menerusuri jalanan lereng gunung yang kecil, licin, terjal, becek dan ditepi jurang. Medan yang cukup berat tak membuat pegiat literasi ciut nyali. Sepanjang perjalanan suasana penuh gembira, sambil menikmati panorama eksotis lereng gunung sisi Barat ini. 
Dengan menaikai jeep perang era 1940-an, tim harus menjaga diri dari goncangan kendaraan selama perjalanan selama 1,5 jam. Ada tiga titik istirahat yang dilalui meda off road sudah dua tahu ini. Pertama di puncak Bukit Cempaka Wulung. Kemudian di lereng tulisan Jeep Wisata Adventure. Dan terakhir di hutan pinus, setelah itu perjalanan menuju finish di pool jeep awal. 
Usai melakukan petualangan alam, rombongan menikmati makan siang. Makan siang yang di masak dan disiapkan dari rumah Ibu Novi Nurul Khotimah, Kepala SDN Kalijaga Permai. Tim jelajah diketuai langsung Pak Lilik Agus Darmawan, Kepala SMPN 1 Kota Cirebon. Hadir juga wakil ketua Pak Yudi Taryadi, Kepala SMPN 9 Kota Cirebon. Guru-guru lainnya seperti Bu Nuraeni, Pa Andi, Pa Deni, Pa Nova, Bu Dewi, Pa Agus, Bu Elva, Pa Daryo, Pa Adi, Pa Ipul dan tentu saja sang kapten literasi Pak Kartino.
Perjalanan tour the guci berakhir di kolam air panas guci. Cuaca yang sempat diguyur hujan tak mengurangi semangat dan keceriaan para pegiat literasi. Sepulang dari wisata Guci, rombongan singgah sejenak di RM Soto Sedap Malam Slawi. Dan Rest Area KM 260B Banjaratma Kab. Brebes. Tempat persinggahan sesaat bekas bagunan Pabrik Gula yang masih terasa mistis. Hiiii.... (*)