SELAMAT DATANG DI WEBLOG DENY ROCHMAN. MARI KITA BANGUN PERADABAN INI DENGAN CINTA DAMAI UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK

Juni 12, 2016

AGAMA MODAL DASAR HIDUP SUKSES

Siapa yang mau hidup sukses, siapa yang ingin hidup bahagia? Siapa yang hari puasa? Seluruh siswa mengacungkan tangan, sambil teriak saya. Pertanyaan itu disampaikan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMP Negeri 4 Kota Cirebon di depan siswa kelas 7 dan kelas 8 peserta pesantren kilat Ramadhan di lapangan sekolah, Senin (13/6). Pelaksanaan Sanlat mulai 13 - 24 Juni 2016.

"Untuk bisa hidup sukses dan bahagia modal dasarnya adalah agama. Dengan agama kalian besar hidup sukses dan bahagia dunia akherat. Nah kegiatan pesantren kilat yang kalian ikuti ini salah satu cara menuju hidup kamu sukses dan bahagia," tutur wakasek kurikulum dalan sambutan acara pembukaan sanlat.

Menurut Deny Rochman, pelaksaan pesantren kilat bagi siswa muslim memiliki fungsi dan peran penting dalam pendidikan. Pertama, sebagai anak muslim belajar agama adalah wajib hukumnya. Jika anak sejak kecil dikenalkan agama, maka dewasa kelak dia akan merasa pentingnya agama bagi hidupnya.

"Jika sejak kecil dikenalkan agama, kalian kelak dewasa akan merasakan betapa dahsyatnya kekuatan agama bagi hidup kalian. Sebaliknya mereka yang tak mengenal agama sejak dini, merasa ga penting melihat agama. Ketika didera masalah hidup mereka cenderung mencari penyelesaikan masalah dengan masalah, seperti miras, narkoba, diskotik dsb," ungkap guru IPS ini.

Kedua, sebagai generasi Islam pelaksaan sanlat merupakan pembiasaan, tradisi dan budaya yang baik bagi siswa. Seiring banyaknya budaya yang tidak sehat, kotor, tidak diajarkan bahkan berlawanan dengan Islam. Nilai budaya ini gencar dipromosikan lewat media massa. Anak muslim mulai sering terkecoh dan tertipu dengan buaya pop yang berkembang.

"Beragama itu sebuah pilihan hidup. Kalian sebagai muslim wajib belajar ilmu agama Islam. Kecuali jika kalian bukan muslim. Maka sanlat di bulan Ramadhan ini momen yang baik tuk perdalam belajar agama. Kebaikan di bulan ini akan dibalas lipatganda pahala oleh Allah Swt," tandas pria berkopiah ini.

Dalam kesempatan itu pihaknya mengwakili kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada guru-guru yang masuk sbg mentor dan nara sumber sanlat. Terima kasih serupa dialamatkan tim mentor dari Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) kota Cirebon. (*)